Selasa, 11 Desember 2012

Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Pasar Mancanegara

Sukadana  – Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Pasar Mancanegara. Hal itulah yang diungkapkan, Bupati Lampung Timur, Erwin Arifin.SH.MH yang diwakili Sekretaris Daerah Lamtim, I Wayan Sutarja, SH.MM saat Apel mingguan Pemkab Lampung Timur, yang berlangsung di halaman Pemkab Lampung Timur, Senin (05/11).
Hadir pada acara tersebut,  Bupati Lampung Timur, Erwin Arifin.SH.MH diwakili Sekretaris Daerah Lamtim, I Wayan Sutarja, SH.MM Kepala Dinas Se – Lampung Timur, PNS dari beragam golongan dan kepangkatan yang berasal dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) se Kabupaten Lampung Timur.

Dalam sambutan Bupati Lampung Timur yang dibacakan Sekretaris Daerah Lamtim, I Wayan Sutarja, SH.MM mengatakan, saat ini kita perlu berbangga, karena dalam lingkup nasional, secara inplisit dinyatakan dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 50 tahun 2011 tentang Rencana lnduk Pengembangan Pariwisatan Nasional (RIPPNAS), dalam cetak biru pariwisata lndonesia tersebut dinyatakan bahwa Taman Nasional Way Kambas yang berada di Kabupaten Lampung Timur merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), baik untuk pasar pariwisata nusantara maupun pasar mancanegara. Selain itu, Event Pariwisata Festival Way Kambas sudah masuk dalam callender of event dalam skala nasional. Kemudian, dalam lingkup Provinsi Lampung, Kabupaten Lampung Timur termasuk dalam salah satu kawasan tapak wisata unggulan yang ditetapkan dalam RIPPDA Propinsi Lampung. Untuk itu, marilah kita dukung terus kepariwisataan di Bumei Tuwah Bepadan ini agar menjadi berkah bagi masyarakatnya dan meniadi andalan dalam meningkatkan pendapatan daerah,”papar Sekretaris Daerah Lamtim, I Wayan Sutarja, SH.MM.
Sekretaris Daerah Lamtim, I Wayan Sutarja, SH.MM menerangkan, Seperti kita ketahui bersama, bahwa lndustri pariwisata mempunyai peranan penting dalam upaya pembangunan dan pengembangan suatu daerah. Bahkan pada beberapa daerah menunjukkan bahwa industri pariwisata mampu mendongkrak daerah tersebut. Kabupaten Lampung Timur pada dasarnya memiliki banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan sebagai objek wisata rekreatif, dengan tetap menjaga. Disinilah sebenarnya peran pemerintah untuk memajukan pariwisata yang berbasiskan kepentingan masyarakat,”terang Sekretaris Daerah Lamtim, I Wayan Sutarja, SH.MM.

Sekretaris Daerah Lamtim, I Wayan Sutarja, SH.MM mengungkapkan, dalam rangka mempromosikan Destinasi Pariwisata, seni dan Budaya Kabupaten Lampung Timur, Pemerintah Daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan melakukan langkah-langkah  diantaranya, pameran Pariwisata keluar Provinsi Lampung, mengikuti Even tahun Festival Krak-9atau, mengikuti even Lampung Fair, menyelenggarakan Festival Way Karnbas, Menyelenggarakan Festival Budaya Daerah, mengembangkan destinasi (obyek wisata) yang ada di Kabupaten Lampung Timur, mengoptimalkan pengelolaan obyek wisata yang ada dan menciptakan spesifikasi keunikan pada setiap obyek wisata sehingga akan menimbulkan paket - paket wisata yang bervariasi, sehingga menarik wisatawan untuk tinggal lebih lama di Lampung Timur,”ungkap Sekretaris Daerah Lamtim, I Wayan Sutarja, SH.MM.

Sekretaris Daerah Lamtim, I Wayan Sutarja, SH.MM menambahkan, potensi pasar pariwisata Kabupaten Lampung Timur tidak dapat dipisahkan dengan kecenderungan pasar saat ini dan masa datang, baik dalam lingkup lokal, wilayah, nasional, maupun internasional. Secara umum, pengembangan pasar pariwisata konvensionat (teisure) maupun pasar pariwisata baru (experience) di Kabupaten Lampung Timur tumbuh berkembang secara proporsional. Baik kegiatan pariwisata konvensional yang lebih bercirikan : wisata masal, rekreatif murni, maupun kegiatan pariwisata baru yang memiliki ciri-ciri, fleksibel (jadwal, jenis, dan waktu aktivitas dapat disesuaikan), pangsa pasar dengan kategori dan ciri yang jelas (segmenfed) dan mampu menciptakan niche pasar seperti event Festival Way Kambas dan Festival Budaya Daerah,”tambah Sekretaris Daerah Lamtim, I Wayan Sutarja, SH.MM. (nando)

0 komentar:

Posting Komentar