Selasa, 11 Desember 2012

Pertama Di Dunia, Indonesia Dan Australia Bangun Rumah Sakit Gajah Di Lampung Timur



Labuhan Ratu – Indonesia dan Australia membangun rumah sakit satwa gajah pertama di dunia yang berlokasi di taman nasional way kambas kabupaten lampung timur. Peletakan batu pertama pembangunan Rumah sakit gajah dan sarana pendukungnya itu akan dilakukan Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan di Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur, pada Selasa (31/01).

Menurut, Direktur Lembaga Konservasi Taman Safari Indonesia (TSI), Bogor, Jawa Barat, Tony Sumampau di Way Kambas Lampung Timur, pembangunan Rumah Sakit gajah itu merupakan kerja sama antara TSI, Australia Zoo dan Kementerian Kehutanan. “Kemenhut menyediakan lahan seluas 100 hektare, sedangkan dana pembangunannya disediakan TSI dan Australia Zoo,”katanya.

Untuk kebutuhan Rumah Sakit gajah itu, dibutuhkan dana sebesar Rp 20 Miliar. Ditargetkan bisa diselesaikan dalam waktu 1,5 Tahun sejak peletakan batu pertama. “Untuk tahap awal pembangunannya sudah tersedia Rp 10 Miliar dan sisanya akan dilokasikan sambil berjalan prosesnya,”kata Tony Sumampau yang juga Koordinator Forum Konservasi Satwa Liar Indonesia (Foksi) itu.

Ia menjelaskan, menurut data badan konservasi alam The International Union For Conservation Of Nature (IUNC) menempatkan Gajah Sumatra sebagai hewan yang amat sangat terancam punah setelah jumlahnya menurun menjadi 2.400 dan 2.800 dari sebelumnya 5 ribu pada 1985. penurunan jumlah individu Gajah Sumatra itu terjadi akibat rusaknya habitat mereka dengan Hutan Sumatra menghilang, karena digantikan oleh perkebunan kelapa sawit dan aktivitas perusahaan pulp dan kertas. (ndo).

0 komentar:

Posting Komentar